Apa sih Beda Kaos Biasa dengan Kaos Distro yang Perlu Kamu Ketahui

Keragaman Kaos Distro

kaos distro

kaos distro memang berbeda dengan kaos biasa. Mungkin banyak dari sebagian kamu yang belum tahu karena pemahaman tentang kaos distro yang minim atau memang tidak memperdulikan hal tersebut. Kaos distro secara umum yaitu kaos yang dijual di toko-toko, mall, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Akan tetapi sekarang sudah banyak designer-designer muda yang mempromosikan hasil designnya di social media seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya. Sekarang sudah banyak yang menjual produk-produk secara online. Ini terjadi karena semakin berkembangnnya teknologi informasi melalui internet.

Distro sendiri adalah singkatan dari distribution store bisa berupa tempat penjualan seperti toko, outlet dan tempat memasarkan lainnya. Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu kaos distro, tapi tidak ada salahnya saya akan berbagi postingan yang mungkin bermanfaat bagi kamu yang belum tahu atau masih bingung dengan perbedaan kaos distro dengan kaos biasa.

Bagi kamu yang sudah sering main ke store distro brand lokal pasti sudah terbiasa dengan hanya melihat saja sudah dapat membedakan apa itu kaos distro.
Disini kami akan berbagi menurut pengetahuan kami tentang kaos distro. Kaos distro memiliki ciri khas tersendiri oleh pembuatnya, diantaranya yaitu:

  • Kaos distro diproduksi secara terbatas atau biasa kita sebut dengan LIMITED EDITION. Hal ini dilakukan agar sang konsumen merasa eksklusif dengan produk yang dipakainya, berbeda dengan kaos biasa yang diproduksi secara massal untuk mengejar omzet dengan mengesampingkan eksklusifitas produknya.
  • Design kaos distro cenderung bersifat idealis. Para designer berkarya bukan atas permintaan pasar, tapi lebih kepada keinginan untuk memuaskan diri sendiri dari hasil karyanya. Design kaos distro yang unik dan berbeda dengan yang lain.
  • Bahan kaos distro kebanyakan terbuat dari bahan cotton combed. Karena bahan ini lebih nyaman dipakai, adem, dan menyerap keringat. Bahan kaos ini juga lebih awet meskipun sudah dicuci berkali-kali.
  • Para penjahit kaos distro juga memiliki ciri khas tersendiiri dalam menjahit kaos-kaos ini. Jika dilihat secara mendetail, terdapat jahitan rantai pada bagian pundak dan leher. Jahitan seperti ini membuat kaos lebih kuat jahitannya.

Dari ciri-ciri diatas sudah dapat dipastikan kaos distro adalah solusi untuk kamu yang muda, unik dan berbeda yang ingin tampil keren.

Dalam usaha konveksi dikenal beberapa jenis mesin jahit dengan fungsi, kecepatan, dan hasil yang berbeda. Pada dasarnya mesin jahit biasa dapat digunakan untuk menjahit kaos tetapi hasilnya tidak akan sebaik jika menggunakan mesin yang biasa digunakan untuk indutri kaos. Mesin jahit yang umum digunakan antara lain adalah mesin jahit high speed, mesin obras, mesin overdeck dan mesin jahit 2 rantai. Berikut adalah jenis-jenis jahitan pada kaos:

JAHIT OBRAS

  • Jahit obras adalah salah satu jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin high speed , fungsinya untuk menggabungkan 2 potongan menjadi satu, untuk kaos biasanya digunakan untuk menggabungkan antara rib dengan potongan kain badan, potongan badan satu dengan yang lain dan juga potongan badan dengan potongan tangan. Jenis jahit obras tersedia mesin yang menggunakan benang 3, 4 dan 5 benang dan menggunakan 1 atau 2 jarum. Secara umum kaos-kaos distro biasanya menggunakan jenis jahit obras dengan benang 4 dan jarum 2.

JAHIT RANTAI

  • Seperti namanya jahit rantai ini menghasilkan jahitan seperti rantai. Jahit rantai biasa digunakan untuk menjahit dari pundak kiri , belakang leher dan pundak kanan. Sebenarnya ini awalnya hanya salah satu teknik jaitan yang mempermudah pengerjaan kaos, tapi untuk saat ini dijadikan salah satu acuan untuk pembuatan kaos yang berkualitas, karna dilihat dari hasilnya cukup rapi dan unik. Untuk jahit rantai ini terdapat kain atau yang disebut bis yang berfungsi sebagai penutup jahitan obrasan pada pundak agar terlihat rapi. Jenis jahitan bis ini merupakan turunan dari jahit rantai.

JAHIT OVERDECK

  • Jahit Overdeck adalah salah satu jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin overdeck high speed. Jahitan jenis ini biasanya digunakan pada bagian lengan dan bawah kaos. Kain dilipat dan dirapihkan jaitannya oleh mesin ini. Mesin ini pun bisa dimodifikasi menjadi salah satu jahitan yang bernama jahit kumis, jahit overdeck menggunakan 3 benang dan 2 jarum sedangkan jahit kumis itu menggunakan 5 benang dan 3 jarum.

JAHIT LURUS

  • Jahit lurus biasanya digunakan untuk menjahit lurus. Jahitan ini jarang digunakan pada kaos standar distro tetapi digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai dan biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *