KAOS

Kaos, Kata yang hampir semua orang senang mengenakan kaos kerena simpel dan cocok untuk suasana santai. Apalagi saat cuaca sering panas dan hujan seperti sekarang ini menjadi pilihan yang tepat.

Awalnya digunakan sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika pada abad 19 sampai awal abad 20. Sementara masyarakat umum ketika itu belum mengenal penggunaan dalam kehidupan sehari hari.

Para tentara yang mengenakan kaos polos tanpa desain ini atau biasa disebut kaos oblong hanya ketika udara panas atau aktivitas yang tidak menggunakan seragam. kaos dikenal luas ketika gambar para tentara tampil dalam berbagai majalah dan surat kabar. Dan semakin terkenal ketika dua film Hollywood beredar di Amerika Serikat. Film A Streetcar Named Desire (1951) yang dibintangi Marlon Brando dan film Rebel Without A Cause (1995) yang dibintangi James Dean. Kedua film itu menjadikan kaos sebagai pilihan baru untuk pakaian luar.

Sejak itu desainnya terus berkembang, hadir dengan grafis berupa tulisan dan gambar. Bentuk leher kaos juga beragam, ada  yang kemudian disebut polo shirt. Selain lengan pendek ada pula kaos lengan panjang, ketebalan kaos juga beragam ada yang tipis, sedang dan tebal. Modelnya juga ada yang ketat dan ada yang longgar.

Baju kaos biasanya menggunakan kain katun, bahan ini dipilih kerena beberapa alasan antara lain mudah dicuci, berpori sehingga bagus untuk pertukaran udara dan dapat menyerap warna apa saja.

Jenis Bahan Kaos

kaos

Mungkin anda kesulitan dalam mencari bahan kaos yang bagus untuk anda pakai sehari – hari, untuk mengetahui kriteria ada beberapa tips berikut ini untuk mengetahuinya.

Bahan Kaos Yang Bagus dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini :

1. Material bahan mengandung katun 100% (100% Cotton), sifat bahan katun yang mudah sekali menyerap keringat dan tidak bau ketika dipakai membuat bahan ini cocok sekali dipakai sehari – hari.

2. Anda bisa merasakan kualitas bahan kaos yang bagus dari handfeel (sentuhan) apabila terasa halus itu berarti bahan yang digunakan berkualitas bagus.

3. Kerapatan antara pintalan benang haruslah sama dan rapat, hal ini menampilkan bahwa bahan kaos anda sudah sangat baik.

4. Bahannya haruslah mempunyai warna yang solid da tidak pudar ketika dicuci pada jangka waktu yang lama.

 

Dinamakan dengan Bahan Combed, bahan ini sudah umum dikenal oleh berbagai toko – toko yang menjual kaos distro. Bahan combed terbagi kembali menjadi beberapa pilihan ketebalan bahan.

– Bahan Combed 20S bahan combed 20S merupakan bahan combed dengan tingkat ketebalan yang tebal. Biasanya bahan ini digunakan untuk promosi, atau kepanitiaan.

– Bahan Combed 24S, bahan combed 24S merupakan bahan combed yang dengan tingkat ketebalan lebih tipis dari bahan 20S, namun untuk saat ini, bahan ini semakin sulit untuk ditemui karena pabrik sudah jarang memproduksinya karena notabene  ketebalannya hampir sama dengan bahan 20S.

– Bahan Combed 30S, bahan combed 30s merupakan bahan combed dengan tingkat ketebalan yang lebih tipis dari bahan 24S dan 20S, bahan ini biasa digunakan untuk kaos distro dengan ditambah aplikasi sablon yang menarik.

– Bahan Combed 40S, bahan ini merupakan bahan yang paling tipis, mirip dengan kaos dalam, atau biasa digunakan sebagai bahan kaos dalam karena bahan yang tipis.

Seputar Kaos Promosi

Banyak perusahaan menggunakan kaos promosi untuk memperkenalkan produk barunya. Ada juga untuk menghabiskan stok barang. Ada juga untuk meningkatkan penjualan barang dengan momen hari besar seperti lebaran, natal dan tahun baru. Secara konsep kegiatan promosi mempunyai banyak sekali pandangan. Kegiatan promosi perusahaan, dari sudut pandang meningkatkan penjualan produk, biasanya dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, dengan memberikan diskon produk, dengan bundling produk (misalnya beli 2 gratis 1, atau misalnya dengan beli produk A gratis produk B), dan untuk menunjang itu semua biasanya perusahaan pasti dong akan mengadakan event untuk memperkenalkan produk itu kepada konsumen. seperti yang biasa kita lihat di pusat perbelanjaan.

Pemilihan desain

Nah, umumnya para pramuniaga memakai sejumlah atribut seperti kaos, topi, tas dan lain sebagainya. Apa sih sebenarnya tujuan penggunaan kaos ini ? dari sudut pandang konsumen, kaospromosi merupakan sebuah identitas pembeda dari satu produk dengan produk lainnya, atau dari satu stand produk dengan produk lainnya (apabila kita berbicara mengenai suatu event, pameran atau exebition) semakin menarik kaos promosi yang dipakai, semakin menarik pengunjung untuk mengunjungi stand.

Komposisi Warna pada Desain

lalu pertanyaan selanjutnya, kaos seperti apakah yang seharusnya di buat ? untuk menjawab ini ada beberapa aspek seperti pemilihan warna kaos yang cerah, ditambah dengan desain sablon yang menarik dengan berbagai komposisi warna.

Komposisi warna yang biasanya di padukan antara warna cerah dengan warna gelap, apabila warna dasar kaos cerah, dipadu dengan warna sablon gelap, atau bisa juga menggunakan warna turunan dari warna dasar.

Harga 

Harga kaos terbilang cukup murah. Tergantung dari bahan yang dipilih. Apabila menggunakan bahan PE, harga tentu sangat murah. Namun, apabila menggunakan bahan katun, harga pasti sesuai dengan kualitas bahan, lebih tinggi diatas PE. Namun kami sangat tidak menyarankan penggunaan bahan ini untuk kaos promosi anda karena bahan yang panas. Memang dari segi harga terbilang murah namun dari sisi kenyamanan sangatlah kurang.

Kegunaan

Kegunaaan Kaos Promosi untuk keperluan event produk baru, diharapkan mampu menarik para pengunjung event untuk lebih mengenal ‘lapak’ dagangan barang yang digunakan untuk memperkenalkan produk baru, serta memperkenalkan manfaat dari produk baru tersebut. Bisa juga sebagai identitas dibandingkan dengan produk yang lain.

Kaos Promosi untuk acara amal juga bisa digunakan sebagai suatu hadiah kepada para pengunjung yang membeli produk, atau yang datang ke acara amal tersebut sebagai suatu kenang – kenangan atau cinderamata kepada para pengunjung.

Kaos promosi juga dapat digunakan untuk kegiatan tahunan perusahaan anda, semisal gathering, kepanitiaan dan lain sebagainya. hal ini tidak terlepas ketika perusahaan Anda membutuhkan Kaos dalam hal kegiatan apa saja. Kami siap menyediakannya.

Kami meyakini bahwa hampir disetiap bidang usaha yang bergerak dalam kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen memerlukan Kaos Promosi.

Archa Konveksi sebagai jasa konveksi Kaos, menerima pemesanan Kaos untuk keperluan Kaos Promosi dengan berbagai jenis teknik sablon. Kami mengetahui mungkin adanya keterbatasan dana dari perusahaan anda dalam menentukan anggaran dana untuk pembuatan kaos promosi, kami bisa memberikan anda solusi sesuai dengan dana anda.

Harga Kaos Promosi Murah

Kami menjamin harga yang kami tawarkan tidaklah mahal, sesuai dengan kualitas dan pelayanan kami dari segi kerapihan, ketepatan waktu dan kualitas sablon.

Cukup hubungi Marketing Kami, dengan senang hati marketing kami akan memberikan beberapa alternatif pemilihan jenis Kaos Promosi sesuai dengan kebutuhan anda.

Seputar Kaos Kerah

Kami adalah Kaos Kerah di Jakarta, Kami sudah berpengalaman selama lebih dari 5 tahun dalam proses pemanufakturan, kami dapat memberikan saran kepada Anda sebagai klien kami terkait pemilihan bahan yang cocok, pemilihan aplikasi desain bordir yang disesuaikan dengan warna bahan, serta pemilihan desain kaos kerah yang cocok untuk kebutuhan Anda. Anda tidak perlu repot – repot untuk memesan kepada kami, silahkan hubungi kami maka kami yang akan mendatangi anda; untuk pemesanan silahkan hubungi disini 

kaos

kaos kerah

Asal Usul Kaos Kerah ?

Lihatlah didalam isi Lemari Pakaian anda, pasti anda akan menemukan pakaian yang sudah tidak asing lagi, itulah sebutannya, Kaos yang satu ini pasti dimiliki semua orang, baik muda tua, lelaki maupun perempuan, kegunaannya yang dapat digunakan sebagai pakaian formal maupul semi formal, menjadikan kaos kerah dipilih untuk dipakai baik dalam kegiatan sehari – hari maupun untuk bekerja dikantoran, akan tetapi tahukah kamu asal dari penemuannya ?

Konsep Mula Kaos Kerah

Kaos yang yang saat ini banyak digunakan konsep dasarnya adalah berasal dari ruff atau bulu-bulu yang sering digunakan di leher. Ruff berfungsi untuk melindungi bagian tepi busana di daerah leher dari keausan.

Pada awal 1800-an kerah besar dan kaku semakin ekstrim hingga menimbulkan bahaya karena tajam dan melukai telinga. Bahkan hingga akhir 1902, HG Wells mengeluh bahwa kerah yang terbuat dari kain yang kaku membuat sakit leher dan meninggalkan bekas merah di bawah telinga. Konsep baju berkerah seperti buatan POLO, sebenarnya bentuk kerah yang terbalik. Pada 1929, René Lacoste menciptakan “kemeja tenis” dengan kerah terbalik untuk mencegah sengatan matahari pada leher.

Mengganti ruff juga lebih ekonomis daripada mengganti keselurahan. Seperti pernyataan mode paling populer, orang-orang mulai bersaing satu sama lain menggunakan versi paling ekstrim dari ruff. Ruff pun berkembang menjadi semakin besar dan terbuat dari bahan yang kaku, hingga menyulitkan pemakainya untuk bergerak.

Author : Diolah oleh penulis dari berbagai sumber.

Anda Mencari Kaos Polos untuk keperluan usaha sablon Anda ? Mencari Konveksi Kaos Polos di Jakarta ? Kami adalah Produsen Kaos Polos Jakarta, Kami menyediakan pembuatan Kaos Polos, menerima order minimum 2 lusin. Bahan kaos Polos dapat dilihat pada artikel dibawah ini. untuk memesan kaos polos dapat menghubungi kami disini

Harga Kaos Polos Berdasarkan Jenis Bahan

Meskipun hampir setiap hari mengenakan kaos, banyak yang belum mengetahui jenis kain atau bahan pembuat. Bagi yang sudah mengetahui jenis-jenis kaos, sering kali susah membedakan bahan antara satu dengan yang lainnya. Jika anda mengalami hal serupa, jangan khawatir, karena Anda tidak sendirian.

Jenis bahan yang beredar di pasaran sangat banyak. Jenis bahan  yang umum ditemukan adalah bahan Cotton Combed, bahan Cotton Carded, bahan kaos TC, PE & Hyget.

Harga Kaos Polos Katun Combed

Serat benang lebih halus.
Hasil Rajutan dan penampilan lebih rata

Harga Kaos Polos Katun Carded

Serat benang kurang halus.
Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang rata.

Sifat kedua jenis bahan tersebut bisa menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas.

TC (TETERON COTTON)

harga kaos polos

Jenis bahan ini adalah campuran dari Cotton Combed 35 % dan Polyester (Teteron) 65%. Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali.

CVC ( COTTON VISCOSE)

Jenis bahan ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

POLYESTER dan PE

Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas dipakainya.

HYGET

Jenis bahan ini juga terbuat dari plastik, namun lebih tipis. Banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai

Seputar Kaos Sablon

Kaos-Sablon-Archa-Konveksi-1

Archa Konveksi. Kaos sablon banyak sekali di pakai sebagai busana sehari – hari. Baik kalangan anak, remaja bahkan dewasa. Gambar sablon yang menarik dan penuh dengan warna menambah keceriaan bagi yang memakai dan yang melihat. Kaos sablon salah satu variasi dari aplikasi untuk kaos. Dengan sedikit kreatifitas kamu bisa membuat desain yang menarik. Di tambah menggunakan berbagai macam tinta sablon. Buatlah desain kaos yang menarik agar kamu tidak cepat merasa bosan memakainya. Di halaman ini membahas keseluruhan seputar kaos sablon, mulai dari beberapa contoh kaos yang bagus. Jenis bahan untuk kaos. Cara merawat kaos agar selalu terlihat baru. Mungkin nanti juga akan ditambahkan artikel lain yang berkaitan dengan kaos.

Beberapa contoh kaos sablon yang bagus

Ulasan pertama mengenai ciri kaos yang bagus. Kaos yang bagus terlihat pada warna yang cerah. ketahanan warna yang tidak pudar. Jahitan rapih. sambungan antara potongan yang satu dengan yang lain sangat presisi, tidak ada yang meleset. sablon bagus tanpa ada cacat. seperti beberapa contoh yang bisa kamu jadikan referensi.

Kaos Sablon Night and Milk
Kaos Sablon Im not a HipsterKaos-Sablon-Archa-Konveksi-2
Kaos Sablon Eye in the FlowerKaos-Sablon-Archa-Konveksi

Jenis bahan

Archa konveksi menyediakan pemesanan. Archa konveksi selalu mengutamakan kualitas bahan. Kualitas jahitan. Pelayanan yang baik. Anda tidak perlu ragu dengan bahan yang kami sediakan. Semua dengan kualitas katun 100% tanpa campuran. Apabila anda memilih bahan katun kombed. Kami juga menyediakan bahan katun carded. Ini untuk alternatif anda yang ingin kualitas bahan yang bagus dengan harga yang lumayan. katun karded merupakan jenis campuran katun dengan carded. Katun ini dari segi kehalusaan bahan cukup adem. Agak sedikit kaku. Apabila terlalu lama dicuci menjadi sedikit berbulu.

Cara Perawatan

Merawat kaos cukup mudah. Tidak perlu terlalu repot untuk merawatnya. Anda hanya perlu melihat tata cara pencucian yang berada di leher atau dibagian pinggang kaos. Biasanya tertera beberapa logo berikut :

Panduan Pencucian

Merawat pakaian agar selalu tampak baruPerhatikan bagian Wash Cycle apabila tertera logo tidak boleh dicuci, maka anda harus mencuci nya dengan cara dry cleaning atau cuci kering tanpa menggunakan air. Jaket berbahan kulit, atau kaos berbahan beludru. Salah satu yang tidak boleh dicuci dengan air. Harus dengan dry cleaning. Temperatur juga perlu diperhatikan jangan sampai anda mencuci dengan suhu yang terlalu panas. Beberapa bahan kaos tidak kuat pada suhu yang terlalu panas. Anda tidak mau kan apabila kaos kesayangan anda menjadi susut, rusak bahkan luntur.

Untuk perawatan sablonnya lumayan sulit. untuk jenis sablon rubber dan plastisol. anda bisa mencucinya dengan mesin cuci. Proses setrika harus dibalik kaosnya. Tidak boleh terkena panas langsung. Karena akan merusak kualitas tinta. Bisa jadi Pudar. Untuk jenis sablon polyflex lebih sulit lagi. Tidak boleh terkena panas berlebihan. Harus dilapisi dengan bahan lagi sebelum dibalik dan disetrika.

Cara Merawat Baju Polo

Baju polo cara merawatnya agar selalu terlihat baru – Cek petunjuk perawatan pada baju polo Anda. Bagian belakang tag harus memberitahu Anda apa bahan itu terbuat dari, cara mencuci dan perawatan khusus lainnya Anda harus Cuci baju Anda dari depan dan dibalik ke belakang. Pastikan Anda menghilangkan noda sebelum Anda mencuci baju, karena menyetrika dapat mengatur noda permanen. Pilih mencuci air dingin untuk kemeja polo cerah.

Keringkan polo shirt Anda dengan kerah menghadap keatas. Jika kemeja adalah terbuat dari katun, Anda mungkin ingin mengeringkannya di rak pengeringan sehingga tidak menyusut. Jika itu adalah campuran katun dan nylon, cukup mengeringkannya selama lima menit dalam pengering, kemudian menggantungnya di gantungan untuk mengeringkan sisa pengeringan.

Menyetrika Baju Polo Anda

Beli semprotan dryclean dari supermarket. Ada beberapa jenis, termasuk kaleng aerosol tradisional dan botol semprot ramah lingkungan dengan cara isi ulang. Berbagai merek ada disana, anda tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Jika baju polo Anda terbuat dari katun lacoste pique, set setrika ke kondisi panas tinggi. Jika baju Anda adalah katun campuran sintetis viscose (baca:lacos cvc), pergunakan dengan api sedang. Jika itu adalah campuran sintetis, gunakan panas kecil.

Siapkan papan setrika Anda. Baringkan Baju Polo di papan setrika. Lipat kerah bawah seperti yang Anda inginkan untuk muncul.
Mengubah kemeja dalam ke luar. Halus dari bagian belakang. Ini mungkin merasa sedikit tidak nyaman, karena Anda akan perlu untuk kelancaran kerah turun dari dalam.
Lipat baju Anda di setengah vertikal, sehingga dilipat di bagian atas kerah. Memuluskan kemeja di papan, menghapus semua keriput. Semprot pati ke dalam kerah di satu sisi. Tekan besi Anda atas belakang kerah. Lanjutkan ke bawah bagian depan dan lengan baju polo. Jangan biarkan setrika terlalu lama di satu tempat. Meletakkannya di kaki bagian bawah, sementara Anda membalik baju polo atau merapikan daerah keriput.
panas yang ditimbulkan dapat meninggalkan bekas putih di baju polo berwarna dan jahitan. Ini adalah alasan Anda harus membalik itu  dari luar kedalam, anda harus menyetrika dari bagian dalamnya.

Baliklah baju polo Anda lebih memanjang. Ulangi penyemprotan pati pada bagian lain dari kerah. Besi itu ke bawah.
Putar polo shirt sehingga di punggungnya. Ini harus tetap dalam ke luar. Menghaluskan kerutan, kemudian besi seluruh belakang kaos.
Hindari menyetrika di tepi di pundak, atau akan membentuk lipatan. Anda tidak perlu menggunakan setrika pada bagian badan baju polo. Membalik baju polo atas, sehingga Anda menyetrika bagian dalam depan. Melicinkannya dan setrikalah bagian bahu, lengan dan badan. Kemudian ubah baju polo dalam ke luar. Periksa keriput. dan simpanlah di gantungan sampai saatnya untuk memakainya. by Archa Konveksi

Terkadang kita tidak tau apakah yang membedakan antara jenis serat pada bahan, benang dan kain. Pada dasarnya ketiga material ini sangat berkaitan, hal ini akan di bahas dibawah ini.

Serat, Benang dan Kain

Serat adalah sebuah zat yang panjang, tipis dan mudah dibengkokkan. Serat merupakan bahan utama dari pembuatan benang. Sebelum terbentuk benang, serat menjadi filament (benda yang berbentuk seperti benang), dari filament tersebut akan membentuk benang. Sehingga dari terbentuknya benang tersebut maka akan terbagi beberapa macam benang diantaranya:

  • Benang tunggal, yaitu benang yang diperoleh dari mesin pintal dengan jalan memintal serat yang pendek atau benang monofilament atau memilin dua atau lebih filament.
  • Benang multifilament, yaitu benang yang diperoleh dari dua atau lebih benang tunggal yang disejajarkan dan tidak dipintal.
  • Benang gintir, yaitu benang yang diperoleh dari dua atau lebih benang tunggal yang dipintal bersama.
  • Benang kepang, yaitu benang yang diperoleh dengan cara memintal paling sedikit dari benang gintir, atau memintal satu atau lebih benang gintir dengan satu atau lebih benang tunggal.

Dari benang kemudian menjadi kain. Kain adalah barang yang terbentuk dari beberapa benang yang disatukan dengan cara dirajut dan ditenun. Tetapi ada kain yang dibuat tanpa benang/ filament, contoh yang sering disebut dengan Non woven Fabric. Dari cara pembentukannya, maka kain juga dapat dibagi menjadi beberapa macam , diantaranya:

  • Kain rajut; yaitu kain yang didapat dari mesin rajut dengan cara menjeratkan benang yang satu dengan yang lainnya.
  • Kain tenun; yaitu kain yang didapat dari mesin tenun dengan cara menyilangkan kelompok benang yang satu dengan yang lainnya. Atau yang sering dikenal dengan istilah benang lusi/ warp (susunan benang sepanjang kain kearah lebar kain) dan benang pakan/ weft (susunan benang selebar kain kearah panjang kain).

Pada mulainya benang dan kain dibuat dari serat alam, seperti serat nabati dan serat hewani, namun karena perkembangan teknologi banyak sekali benang dan kain yang dibuat dari bahan kimia. Bahkan hampir seluruh barang-barang yang kita pakai menggunakan serat yang terbuat dari barang kimia, sehingga secara garis besar serat dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Serat alam; yaitu serat nabati (kapas, flax, henep dan rami) dan serat hewani (sutera dan wol).
  • Serat tiruan; yaitu serat yang terbuat dari serat alam yang disusun kembali dengan mencampur dengan bahan kimia lainnya, seperti rayon viscose, rayon kupromium dan rayon asetat.
  • Serat sintetik; yaitu serat yang dibuat dari bahan kimia, seperti polyester dan nylon.

Uji Bakar 

Berdasarkan bahan pembentuknya maka kedua barang tersebut dapat dilakukan identifikasi secara sederhana atau konvensional. Cara pengujian sederhana tersebut sering dilakukan oleh para Pemeriksa Barang Bea dan Cukai dalam memeriksa barang-barang yang diimpor dan diekspor. Pemeriksa barang bea dan cukai biasanya melakukan uji pendahuluan (uji konvensional) terlebih dahulu, sebelum barang tersebut dilakukan uji di Balai Pengujian dan Identifikasi Barang Bea dan Cukai.

Uji pendahuluan tersebut dilakukan dengan cara melakukan pembakaran terhadap ketiga barang (serat, benang dan kain) tersebut, sehingga dapat diketahui sifat-sifat permulaan dari ketiga barang tersebut, yang memungkinkan untuk mengetahui kebenaran awal atas pemberitahuan yang disampaikan kepada pihak Bea dan Cukai selaku pemungut fiscal atas barang-barang tersebut. Walaupun uji ini sering dianggap kuno dan tingkat keakuratannya masih perlu dilakukan pengujian secara laborat, namun menurut penulis hal ini perlu dilakukan karena secara keilmuan masih bisa diterima.

Perlu diinformasikan bahwa uji bakar terhadap ketiga barang tersebut dilakukan untuk mengetahui bahan-bahan pembentuknya. Dengan mengetahui bahan-bahan pembentuknya maka dapat dengan mudah mengklasifikasikan ketiga barang tersebut kedalam pos pos tariff yang telah dibukukan kedalam Buku Tarif Bea Masuk Indonesia atau yang sekarang dikenal dengan Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (Harmonize System).

Berikut ini adalah tabel yang penulis buat berdasarkan literature dan pengalaman selama menjadi pemeriksa barang di Bea dan Cukai:

Asal serat

Nama Serat

Nama Benang

Nama Kain

Hasil Uji Bakar

Alam Nabati Kapas Cotton Yarn dll. Denim, Cotton dll. Berbau seperti kertas terbakar, sifat abu rapuh
Alam Hewani Wol Benang wol Kain dari wol Berbau seperti rambut terbakar, sifat abu rapuh, bulat dan hitam
Sutera Benang sutera Kain sutera Berbau seperti rambut terbakar, sifat abu rapuh, bulat dan hitam
Sintetik Nylon Nylon Yarn Kain Nylon dll. Berbau seperti seledri, abu keras, bulat, coklat muda sampai abu-abu
Polyester Polyester Yarn Kain Polyester Berbau wangi, abu keras menggumpal
Tiruan rayon viscose Belum pernah melakukan uji bakar
rayon kupromium Belum pernah melakukan uji bakar
rayon asetat Belum pernah melakukan uji bakar

Perlu disampaikan bahwa secara teori, dalam uji bakar barang-barang tersebut diatas tidak hanya memperhatikan bau dan sifat abunya saja, akan tetapi harus dilihat juga karakteristik barang sebelum menyentuh api, dalam nyala api dan sesudah meninggalkan api. Pada tabel diatas, penulis hanya memberikan ciri-ciri yang mencolok dari barang tersebut.

Untuk barang yang berasal dari serat tiruan, penulis sendiri belum pernah melakukan uji bakar dan penulis belum menemukan referensi dari yang lainnya. Akan tetapi menurut penulis bahwa untuk serat tiruan akan memiliki sifat atau karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan serat alam, karena serat tiruan merupakan serat alam yang diolah kembali dengan menggunakan bahan kimia lainnya.

Begitu juga dengan polyester, kenapa polyester itu berbau wangi? menurut penulis dikarenakan disamping dia merupakan turunan plastik yang akan membawa sifat plastiknya, apabila dibakar dia juga akan mengeluarkan karakteristik dari esternya. Kita tentunya tau reaksi esterisasi (kimia SMA), dimana terjadi reaksi antara alkohol dan asam, yang kemudian akan menjadi ester yang sifatnya berbau harum.

Berdasarkan pengalaman penulis selama menjadi pemeriksa barang di Bea dan Cukai Tanjung Emas, barang serat, benang dan kain didominasi oleh serat alami dan serat sintetis. Cotton, polyester serta kombinasi dari kedua barang tersebut merupakan barang-barang yang sering masuk ke pelabuhan Tanjung Emas. Hal ini dimungkinkan karena di Semarang banyak industry garmen yang bahan bakunya berasal dari impor. Bahkan di Semarang ada perusahaan penghasil kain Denim terbesar di Indonesia, salah satunya yaitu Apac Inti Corpora dan Batam Tex. Untuk barang dari serat sintetis (polyester), penulis sering memeriksa barang tersebut di perusahaan Asia Pacific Fiber di Kendal (dulu Texmaco).

Demikian sekilas informasi tentang cara membedakan jenis serat, benang dan kain. Semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya. Apabila ada kesalahan, penulis mengharapkan koreksi Anda pada komentar yang disediakan dibawah artikel ini. Sekian dan terimakasih.

Sumber Pustaka

Adang Karyana Syahbana, S.ST dan Drs. Ahmad Dimyati, Modul Teknis Pemeriksaan Barang Tekstil, Jakarta: Pusdiklat Bea dan Cukai, 2011.

Buku Tarif Kepabeanan Indonesia 2012.

Pemesanan

Pemesanan melalui email atau bisa menghubungi marketing kami. Melalui email silahkan kirim kan desain, spesifikasi, jumlah, ukuran, sampai dengan tenggat waktu dibutuhkan lalu marketing kami akan menghubungi dengan membalas email atau dengan menelepon anda apabila dirasa ada yang belum jelas didalam email. Bisa juga menggunakan form yang ada dihalaman depan web untuk anda bisa dengan cepat mengirim email ke kami tanpa masuk ke dalam akun email anda. otomatis kami akan membalas ke dalam alamat email yang anda masukan ke dalam form penawaran. ORDER YUK… 🙂